Update :

Ada beberapa komentar ttg resep cupcake ini yang sepertinya hasinya tidak sama dengan yang aku gambarkan. Jadilah kemarin malam (14 April 2009) aku siapkan 1 resep cupcake ini di kom mikserku. 3 butir telur, gula, mentega, bp dan vanila sudah masuk tapi aku ngantuk banget, jadi aku tinggal tidur. Bagun tidur tgl 15 April 2009 aku langsung tambahkan terigu dan mikserku mulai berisik di pagi hari sebelum jam 6. Alhamdulillah 30 menit kemudian 12 buah cupcake vanila dengan beberapa keping chocolate button hadir di meja makan dan…..sama sekali tidak ada yang aneh. Tidak bantat, tidak keras, tidak turun, dan tidak gagal. Jadi men-temen sekalian, aku juga tidak tahu mengapa cupcake yang kalian buat bisa bantat seperti itu…

Resep ini sekarang sering aku praktekkan soalnya bahannya gak macam-macam, cara bikinnya gampang dan tidak memakan waktu yg lama. Karena ini resep dasar jadi masih bisa ditambah-tambah atau dikurangi. Misalnya pagi ini sarapan dengan cupcake yg 6 buah isi blueberry palleta dan 6 buah lagi berisi coklat chip. Karena pake bluberry jadi gula aku kurangi. Kalau kemarin cupcake-nya totally coklat karena aku tambah dengan 2 sdm coklat bubuk. Mau tahu resepnya..??? Ini dia, semoga cocok juga.

 Resep Dasar Cupcake

 

Resep aslinya aku ambil dari sini tapi ya aku kerjakan ala aku. Kalau mau yg bener bisa klik link itu

Berikut ini yg aku masukkan ke dalam mikser dan yg aku kerjakan.

Bahan :

150 gr margarin (boleh juga pakai butter )

150 gr gula kastor (berhubung gak ada jadi gula pasir aku blender)

175 gr terigu (tadi pake kunci biru, kemarin pake segitiga biru)

1 sdt BP (baking powder)

3 butir telur

1 sdt essens vanili

Cara membuat :

  1. Panaskan oven, siapkan cetakan muffin isi 12, beri kertas cup.
  2. Masukkan semua bahan itu ke dalam kom mikser
  3. Kocok dengan kecepatan sedang (speed 6 di KA) selama 5 menit (aslinya sih 2 menit tp krn aku gak yakin jadi aku tambahin waktu ngocoknya).
  4. Setelah itu masukkan ke cetakan muffin yg sudah diberi kertas cup. Adonan ini kental sekali jadi untuk menuangkan ke paper cup pakai sendok aja.
  5. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 18-20 menit.

 Hasilnya : 12 buah cup cake yg yummy…

 

Nahhhh bikinnya gampang kan …

 

Untuk yg seleranya seperti aku (tidak terlalu cocok dengan tekstur cake yg “tepungi” itu istilah Riana) cup cake ini hasilnya tidak mengecewakan, enak kok.   

Kalau mau ditambah blueberry palleta atau selai blueberry, setelah adonan dituang ke paper cup baru beri 1 sendok teh blueberry palleta.

Kalau mau dikasih cokalt chips, setelah adonan tercampur rata baru beri 2-3 sendok makan coklat chips, aduk rata, baru dituang ke paper cup.

Kalau mau rasa coklat, tambahkan 2 sendok makan coklat bubuk, langsung campur di awal pembuatan cake, masukkan ke dalam kom bersama-sama dengan bahan yg lain kemudian kocok bersama-sama.

Terbaru :

Ini cupcake isi keju dan smoked beef.